BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Komunikasi dalam sekian banyak bentuknya memiliki
peran dan fungsi yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Setiap manusia
memiliki potensi untuk berkomunikasi satu sama lain saat dia terdiam sekalipun.
Komunikasi manusia memiliki beberapa konteks tergantung dari jumlah
komunikator, derajat kedekatan fisik, saluran indrawi yang tersedia hingga
kesegeraan umpan balik. Salah satu konteks komunikasi ini antara lain adalah
komunikasi massa.
Dibandingkan
dengan konteks komunikasi lainnya maka dapat dijelaskan bahwa jika komunikasi
massa merupakan sebuah bentuk komunikasi yang memiliki jumlah komunikator yang
paling banyak, derajat kedekatan fisik yang paling rendah, saluran indrawi yang
tersedia sangat minimal dan umpan balik yang tertunda.
Di dalam makalah ini akan diuraikan
mengenai pengertian komunikasi massa, unsur – unsur komunikasi massa,
karakteristik komunikasi massa, proses komunikasi massa dan fungsi komunikasi
massa.
B. RUMUSAN
MASALAH
1. Apa
pengertian dari komunikasi massa ?
2. Apa
saja unsur – unsur komunikasi massa ?
3. Bagaimana
karakteristik komunikasi massa ?
4. Bagaimana
proses komunikasi massa ?
5. Apa
fungsi dari komunikasi massa ?
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian
Komunikasi Massa
Pengertian
komunikasi massa menurut pendapat beberapa ahli :
a. Bittner
(dalam Rahmat, 2005:186)
Komunikasi massa adalah
pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.
b. Dominick (1996)
Komunikasi massa
merupakan sebuah organisasi kompleks yang dengan dari satu atau lebih mesin
membuat dan menyebarkan pesan publik yang ditujukan pada audiens berskala besar
serta bersifat heterogen dan tersebar.
c. Meletze
(dalam Rahmat, 1998)
Komunikasi massa dapat diartikan
sebagai bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui
media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada populasi dari
berbagai komunitas yang tersebar.
Dari beberapa definisi tersebut maka
dapat disimpulkan bahwa komunikasi massa merupakan kegiatan seseorang atau
suatu organisasi yang memproduksi serangkaian pesan dengan bantuan mesin untuk
disebarkan kepada khalayak banyak yang bersifat anonim, heterogen dan tersebar.
2.
Unsur
– Unsur Komunikasi Massa
Unsur
– unsur penting dalam komunikasi massa adalah :
1. Komunikator
Pihak yang menjadi
sumber informasi atau pemberitaan yang mewakili institusi formal yang sifatnya
mencari keuntungan dari penyebaran informasi tersebut.
2. Media
massa
Saluran atau alat
komunikasi dan informasi yang melakukan penyebaran informasi secara massal dan
dapat diakses oleh masyarakat secara massal pula.
3. Informasi
(pesan)
Informasi yang
diperuntukkan kepada masyarakat secara massal, bukan hanya informasi yang
dikonsumsi secara pribadi, tetapi dikonsumsi oleh publik, misalnya berita,
iklan, sinetron, film, infotainment, dsb.
4. Gatekeeper
Gatekeeper adalah
penyeleksi komunikasi yang dijalankan oleh beberapa orang organisasi media
massa.
5. Khalayak
Khalayak adalah massa
yang menjadi tujuan dari penyebaran informasi dari media massa. Mereka bersifat
heterogen dan luas.
6. Umpan
balik
Awalnya umpan balik
bersifat tertunda namun dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi, maka
komunikasi interaktif dapat dilakukan secara langsung melalui media massa.
3.
Karakteristik
Komunikasi Massa
Karakteristik
komunikasi massa adalah sebagai berikut :
a. Sumber
atau komunikator dari komunikasi massa merupakan sebuah organisasi terlembaga
yang menetukan pesan apa saja yang akan disebarkan.
b. Pesan
bersifat terbuka karena semua orang mendapat isi pesan yang sama, mahal karena
melibatkan beberapa tahapan encoding dan decoding serta diperlukannya teknologi
untuk memproduksi dan menyebarkan pesan, serta dapat dipotong dengan gampang.
c. Komunikan
tidak memiliki identitas (anonim), banyak, tersebar dan heterogen sehingga
terpaan pesan dapat diapresiasi berbeda – beda oleh masing – masing individu.
d. Proses
umpan balik berjalan lambat dan sulit mendapatkan respons dari komunikator.
4.
Proses
Komunikasi Massa
Komunikasi
massa dalam prosesnya melibatkan banyak orang yang bersifat kompleks dan rumit.
Menurut McQuial (1999) proses komunikasi massa terlihat dalam bentuk :
a. Melakukan
distribusi dan penerimaan informasi dalam skala besar. Jadi proses komunikasi
massa melakukan distribusi informasi kemasyarakatan dalam skala yang besar,
sekali siaran atau pemberitaan jumlah dan lingkupnya sangat luas dan besar.
b. Proses
komunikasi massa cenderung dilakukan melalui model satu arah yaitu dari
komunikator kepada komunikan atau media khalayak. Interaksi yang terjadi
sifatnya terbatas.
c. Proses
komunikasi massa berlangsung secara asimetris antara komunikator dengan
komunikan. Ini menyebabkan komunikasi antara mereka berlangsung datar dan
bersifat sementara. Kalau terjadi sensasi emosional sifatnya sementara dan
tidak permanen.
d. Proses
komunikasi massa juga berlangsung impersonal atau non pribadi dan anonim.
e. Proses
komunikasi massa juga berlangsung didasarkan pada hubungan kebutuhan –
kebutuhan di masyarakat. Misalnya progam akan ditentukan oleh apa yang
dibutuhkan pemirsa.
5.
Fungsi
Komunikasi Massa
a. Fungsi
Pengawasan
Media massa merupakan
sebuah medium dimana dapat digunakan untuk pengawasan terhadap aktivitas
masyarakat pada umumnya. Fungsi pengawasan bisa berupa peringatan dan kontrol
sosial maupun kegiatan persuasif. Pengawasan dan kontrol sosial dapat dilakukan
untuk aktivitas preventif untuk mencegah terjadinya hal – hal yang tidak
diinginkan. Seperti pemberitaan bahaya narkoba bagi kehidupan manusia yang
dilakukan melalui media massa.
b. Fungsi
social learning
Fungsi utama dari komunikasi
massa melalui media massa adalah melakukan guiding dan pendidikan sosial kepada
seluruh masyarakat. Media massa bertugas untuk memberikan pencerahan –
pencerahan kepada masyarakat dimana komunikasi massa itu berlangsung.
c. Fungsi
penyampaian informasi
Komunikasi massa yang
mengandalkan media massa, memiliki fungsi utama yaitu menjadi proses
penyampaian informasi kepada masyarakat luas. Komunikasi massa memungkinkan
informasi dari institusi publik tersampaikan kepada masyarakat secara luas
dalam waktu cepat sehingga fungsi informasi tercapai dalam waktu cepat dan
singkat.
d. Fungsi
transformasi budaya
Fungsi yang dinamis
adalah fungsi transformasi budaya. Komunikasi massa menjadi proses transformasi
budaya yang dilakukan bersama – sama oleh semua komponen komunikasi massa,
terutama yang dilakukan oleh media massa. Fungsi transformasi budaya ini
menjadi sangat penting dan terkait dengan fungsi – fungsi lainnya terutama
fungsi social learning, akan tetapi fungsi transformasi budaya lebih kepada
tugasnya yang besar sebagai bagian dari budaya global.
e. Hiburan
Fungsi lain dari
komunikasi adalah hiburan, bahwa seirama dengan fungsi – fungsi lain,
komunikasi massa juga digunakan sebagai medium hiburan, terutama karena
komunikasi massa menggunakan media massa. Hiburan tidak terlepas dari fungsi –
fungsi media massa itu sendiri dan juga tidak terlepas tujuan transformasi
budaya. Dengan demikian, maka fungsi hiburan dari komunikasi massa saling
mendukung fungsi – fungsi lainnya dalam proses komunikasi massa.
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Komunikasi massa merupakan kegiatan seseorang atau
suatu organisasi yang memproduksi serangkaian pesan dengan bantuan mesin untuk
disebarkan kepada khalayak banyak yang bersifat anonim, heterogen dan tersebar.
Unsur – unsur penting dalam komunikasi massa adalah
:
1. Komunikator
2. Media
massa
3. Informasi
(pesan)
4. Gatekeeper
5. Khalayak
6. Umpan
balik
Karakteristik komunikasi massa adalah
komunikator dari komunikasi massa merupakan sebuah organisasi, pesan bersifat
terbuka karena semua orang mendapat isi pesan yang sama, komunikan tidak
memiliki identitas (anonim), proses umpan balik berjalan lambat dan sulit
mendapatkan respons dari komunikator.
Komunikasi massa yang mengandalkan media
massa, memiliki fungsi utama yaitu menjadi proses penyampaian informasi kepada
masyarakat luas. Komunikasi massa memungkinkan informasi dari institusi publik
tersampaikan kepada masyarakat secara luas dalam waktu cepat sehingga fungsi
informasi tercapai dalam waktu cepat dan singkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar